Apa itu Composer? Manfaat, Cara Install dan Pengunaanya

Apa itu Composer ?

Composer is a tool for dependency management in PHP. It allows you to declare the libraries your project depends on and it will manage (install/update) them for you. — Composer Introduction

Composer merupakan tools sumber terbuka (open source) yang dikembangankan pertama kali oleh Nils Adermann dan Jordi Boggiano. Composer merupakan tools untuk menginstall, mengupdate, dan menghapus librari PHP external. dengan adanya Composer ini dapat memudahkan pengembang aplikasi dalam memanajemen librari. Jika Anda pernah mendengar NPM untuk NodeJS dan Bundler untuk Ruby maka Composer untuk PHP. penting untuk dicatat Composer dapat menginstall librari penting dalam sebuah projek dengan versi yang berbeda.

Untuk menginstal dan menggunakan librari yang dikelola oleh Composer, Anda hanya perlu mendeklarasikannya dalam proyek Anda dalam format standar, dan Composer akan mengelola sisanya. Misalnya, jika Anda ingin menginstal library phpmailer dengan menggunakan Composer, Anda hanya perlu menjalankan perintah berikut di root proyek Anda.

$composer require phpmailer/phpmailer

Perintah Ini akan menginstal library phpmailer dan dependensinya di direktori vendor proyek Anda. dengan perintah ini juga, Composer akan membuat file composer.json dan composer.lock yang akan digunakan untuk melacak dependensi proyek Anda.

Composer telah menjadi standar global dalam hal mengelola librari PHP pihak ketiga. Framework PHP populer seperti Symfony, Laravel, Drupal dan banyak lagi telah mengadopsi alur kerja berbasis Composer dalam siklus hidup pengembangan mereka.

Bagaimana Cara Menginstall Composer

Ketika kita akan menginstall Composer, terdapat dua cara. Anda dapat menginstallnya secara lokal per-projek atau secara global.

 

Cara install composer di Linux dan MacOS

Untuk sistem berbasis *Nix (Linux dan Unix), Anda hanya perlu menjalankan satu perintah di terminal.

$curl -s https://getcomposer.org/installer | php
All settings correct for using Composer
Downloading...
Composer (version 1.10.6) successfully installed to: /home/ahmad/composer.phar
Use it: php composer.phar 

Dan dengan cara itu, Composer diinstal secara lokal, dan Anda siap untuk menggunakannya dengan perintah php composer.phar! Namun, kami ingin menginstalnya secara global, jadi mari kita lakukan itu dengan menjalankan perintah berikut.

sudo mv ./composer.phar /usr/bin/composer 

 Sekarang, Seharusnya Composer sudah terinstall secara Global, silahkan untuk dicoba dengan perintah :

$composer --version
Composer version 1.10.6 2020-05-06 10:28:10 

Jadi seperti yang Anda lihat, cukup mudah untuk menginstal Composer pada sistem berbasis Linux dan Unix. Di bagian berikutnya, kita akan melihat cara menginstalnya pada sistem Windows 

 

Cara install composer di Windows

Untuk pengguna Windows, bahkan lebih mudah untuk menginstal Composer. Anda hanya perlu mengunduh Composer setup executable dan menjalankannya. Ikuti langkah-langkah instalasi, dan itu akan menginstal versi Composer terbaru.

Penting untuk dicatat bahwa Anda perlu memulai ulang (restart) terminal setelah Menginstal Composer karena variabel PATH hanya dimuat saat terminal dimulai.

Jadi itu adalah panduan singkat untuk menginstal Composer pada sistem operasi yang berbeda.

Apa itu Packagist?

Sekarang, Anda sudah mengetahui dasar-dasar Composer dan cara menginstalnya. Pertanyaan berikutnya adalah: bagaimana Anda mengetahui librari mana yang tersedia yang dapat Anda instal dengan Composer? Apakah ada repositori pusat di mana Composer menyimpan daftar pustaka yang tersedia?

Ya, Packagist.

Packagist adalah repositori paket Composer default dari mana Composer menarik perpustakaan dan dependensinya ketika Anda memintanya untuk menginstal librari tertentu. Ada ratusan librari yang tersedia di Packagist. Dalam proyek PHP Anda, jika Anda membutuhkan fitur yang menurut Anda harus sudah tersedia sebagai perpustakaan pihak ketiga, Packagist adalah tempat pertama yang harus Anda periksa!

Bagaimana Cara Menggunakan Composer ?

Ada dua cara untuk menginstall librari menggunakan Composer, diantaranya :

Perintah Install

Untuk menggunakan perintah install, Anda perlu membuat file composer.json di proyek Anda terlebih dahulu. Dalam file composer.json, Anda hanya perlu mendeklarasikan dependensi proyek Anda, seperti yang ditunjukkan dalam kode berikut.

{
    "require": {
        "phpmailer/phpmailer": "~6.1"
    }
}
 

Selanjutnya, ketika Anda menjalankan perintah composer install dari folder itu, Composer menginstal paket phpmailer dan dependensinya di direktori vendor. dan dengan perintah itu juga composer membuat file composer.lock.

Perintah Require

Bisa dibilang perintah composer require adalah versi pendeknya dari dari proses sebelumnya dalam membuat file composer.json. require akan menambah paket librari ke dalam composer.json secara otomatis. perintah dibawah ini menunjukan bagaimana caranya menginstall phpmailer menggunakan perintah require

jadi begitulah  caranya menginstall paket librari menggunakan Composer di projek PHP Anda.

Terimakasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca artikel di website AhmadSanusi.com, semoga bermanfaat.

Sumber:

Composer.com

code.tutsplus.com