Ikuti Saya di:

Blog

  • Beranda
  • Blog
  • Cara Mengatasi Masalah Insomnia dan Doa Menurut Islam

Cara Mengatasi Masalah Insomnia dan Doa Menurut Islam

Konten

  1. Apa itu Insomnia
  2. Gejala Insomnia
  3. Penyebab
  4. Pencegahan
  5. Doa Insomnia Di dalam Hadist

1. Apa itu Insomnia ?

Insomnia adalah suatu penyakit yang menyebabkan penderitanya kesulitan atau tidak tidur meskipun sudah mengantuk. Insomnia ini dapat mempengaruhi kesehatan penderitanya diantaranya perubahan sistem kekebalan tubuh, perubahan kesehatan fisik dan suasana hati, hal ini dapat mengakibatkan menurunya kualitas hidup dan rutinitas sehari-hari.

Setiap orang memiliki waktu tidur yang berbeda-beda tetapi rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam perharinya.

2. Gejala

Penyebab insomnia sangat beragam, tergantung dari penyebab penderitanya, bisa dari mental hingga kondisi medis tertentu.

Berikut beberapa gejala insomnia yang mungkin terjadi:

  • Kesulitan untuk tidur pada malam hari
  • Terbangun di tengah malam
  • Terbangun terlalu awal
  • Tidak merasa segar ketika bangun tidur
  • Merasa lelah dan mengantuk di siang hari
  • Stres danTerus menerus memikirkan masalah tidur

3. Penyebab

Insomnia mungkin menjadi masalah utama, tetapi ada juga yang berkaitan dengan kondisi medis lainnya. Insomnia kronis biasanya disebabkan oleh stres berlebih, trauma bahkan kebiasaan yang menyebabkan penderitanya sulit untuk tertidur. Berikut beberapa penyebab insomnia kronis yang sering terjadi:

  • Stres
  • Bepergian /Jet Lag atau Perubahan Shif kerja 
  • Kebiasaan yang buruk sebelum tidur 
  • Makan terlalu banyak di waktu malam hari

4. Pencegahan

Kebiasaan tidur yang baik dapat mencegah dari penyakit insomnia, diantaranya:

  • Selalu konsisten menjaga waktu tidur meskipun di akhir pekan
  • Selalu beraktifitas di siang hari
  • Cek pengobatan yang mungkin menyabankan insomnia
  • Hindari atau kurangi konsumsi Kafein dan alkohol, dan jangan gunakan nikotin
  • Buat tempat tidur senyaman mungkin
  • Menghindari penggunaan ponsel atau alat elektronik lainnya sebelum tidur.
  • Menghindari konsumsi makanan secara berlebihan sesaat sebelum tidur.
  • Meredupkan atau mematikan lampu di kamar sebelum tidur.

5. Doa Insomnia atau Sulit Tertidur Menurut Hadist

1. Doa Susah Tidur yang Dibaca Zaid bin Tsabit

Pertama, doa susah tidur yang disebutkan dalam kitab Ibnu Sinni, yang diriwayatkan dari sahabat Zaid bin Tsabit. Suatu ketika, Zaid mengadu kepada Nabi Muhammad SAW karena ia sedang susah tidur. Kemudian Nabi SAW bersabda, "Katakanlah:

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ و هَدَأَتِ العُيونُ و أَنْتَ حَيٌّ قَبُّومٌ لا تَأْخُذُكَ سِنَةٌ ولا نَوْمٌ يا حَيُّ يا قَبُّومُ أَهْدِىء لَيْلي و أَنِمْ عَيْنِي

"Allahumma gharati’nnujum wa hadaatil`uyun wa Anta Hayyun Qayyum, la ta’khudzuka sinatun wa la nawm. Ya Hayyu ya Qayyum, ahdi layli wa anim `ayni."

Artinya: "Ya Allah, bintang bintang telah hadir dan mata sedang beristirahat, tetapi Engkau Maha hidup dan Berdiri Sendiri. Engkau tidak mengantuk dan tidak tidur. Wahai Zat yang Maha hidup lagi maha berdiri sendiri, ciptakan malam yang tenang dan mataku tertidur."

Zaid bin Tsabit pun mengucapkan doa tersebut, ternyata Allah SWT melenyapkan kegelisahannya. Hadits ini dinukil dari kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi.

2. Doa Insomnia dengan Membaca Ta'awwudz

Kedua, yaitu doa susah tidur yang juga dicantumkan dalam kitab Al-Adzkar karya Imam Nawawi. Dalam riwayat Muhammad bin Yahya bin Hibban, dia bercerita bahwa Khalid bin Walid RA terkena penyakit tidak dapat tidur, lalu ia mengadukan hal tersebut kepada Nabi SAW.

Kemudian beliau SAW memerintahkannya agar ber-ta'awwudz ketika hendak tidur dengan membaca kalimat-kalimat Allah yang sempurna agar dilindungi dari kemurkaan-Nya dan dari kejahatan hamba-hamba-Nya serta dari godaan setan dan dari kedatangan mereka kepada dirinya.

3. Doa Susah Tidur yang Dibaca Khalid bin Walid

Ketiga yaitu hadits yang diriwayatkan dari Buraidah RA. Dalam riwayat ini disebutkan, suatu kali Khalid bin Walid mengadu kepada Nabi Muhammad SAW, dan berkata, "Wahai Rasulullah, aku tidak dapat tidur karena gelisah."

Lalu Nabi SAW bersabda, "Apabila engkau beristirahat di peraduanmu, ucapkanlah:

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظَلَّتْ، وَرَبَّ الأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَتْ ، وَرَبِّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ، كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِ خَلْقِكَ كُلِّهِمْ جَمِيعًا أَنْ يَفْرُطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ وَأَنْ يَبْغَى عَلَيَّ، عَن جَارُكَ، وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ، وَلَا إِلَهَ غَيْرُكَ ، وَلَا إِلَهَ إِلَّا انْتَ

Allahumma Robbas samaawaatis sab'i wa maa azhollat, wa robbal ardhiina wa maa aqollat, wa robbasy syayaathiina wa maa adhollat, kun lii jaaron min syarri kholqika kullihim jamii’an an yafrutho 'alayya ahadun minhum wa an yabgho 'alayya 'azza jaaruka wa jalla tsanaa uka, wa laa ilaaha ghoiruka, wa laa ilaaha illaa anta.

"Ya Allah, Rabb tujuh langit dan semua yang dinaunginya, Rabb bumi dan semua yang di- muatnya, Rabb setan dan semua yang disesatkannya, jadilah Engkau pelindungku dari kejahatan semua makhluk-Mu, hendaklah tiada seorang pun di antara mereka yang berani berbuat sembrono terhadap diriku dan tiada pula yang berani berbuat aniaya terhadapku. Kuatlah perlindungan-Mu dan agunglah pujian-Mu, tiada Tuhan selain Engkau dan tiada Tuhan kecuali Engkau." (HR Turmudzi)

 

Dengan membaca doa-doa insomnia di atas, diharapkan bukan hanya mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik tapi juga dilindungi oleh Allah SWT saat tidur hingga dibangunkan kembali pada keesokan harinya. Amin.


Tags: Artikel Agama

Bagikan Artikel ini:

Artikel Terkait

Sholawat Adalah Ibadah Terdahsyat

  • 18 Juli 2021

Guru Mulia Al Alim Al Allamah Al Habib Umar bin.... Selengkapnya

4 Obat dan Penawar Rasa Malas

  • 15 Juli 2021

Seringkali rasa malas mendatangi kita, rasa.... Selengkapnya

LALU SEDIHMU UNTUK APA?

  • 23 Juli 2021

Syaikh Ibrahim bin Adham rahimahullah melihat.... Selengkapnya


Memuat Komentar ...

Tinggalkan Komentar

Berlangganan

Untuk terus mendapatkan update dari website Ahmad Sanusi, silahkan masukkan email Anda dan tekan submit.

We hereby promise to be responsible emailers.

© 2024. «Ahmad Sanusi». All right reserved.